Membuat Koneksi Internet ‘All Over the House’ Sederhana

Bahannya : modem 3g/4g berupa usb, router TP-Link MR3420

Kenapa : modem dengan kemampuan internet menggunakan data sim card lebih flexible daripada berlangganan dengan internet kabel optik atau dsl. Kalau tidak perlu ya jangan diperpanjang atau jangan diisi kuota. Kalau langganan internet kabel harus urus katepebelece segala macam.

Yang kedua, kekuatan sinyal tergantung dimana anda tinggal. Syukur-syukur sih sudah dapat sinyal 4G. Saat ini sinyal 4G masih berasa kencang. Streaming youtube tanpa putus. Kidding, ya putus bentar lah kalau kebetulan kena goyang.

Yang ketiga, router berfungsi sebagai penguat sinyal dan menyebarkannya ke area rumah. Sebenarnya sistem tethering lebih simple tapi …. konon bikin hape panas dan usia berkurang karena kerja dua kali. Pertama bekerja untuk hapenya sendiri berinternet, kedua harus memforward data untuk device yang konek ke dirinya.

Nah dengan jenis modem yang saya sebutkan di atas, tak perlu setting terlalu ribet.  Setting bawaan defaultnya pun sudah memadai, tinggal tancapkan saja modem ke slot usbnya dan internet pun sudah tersharing.

Jangan lupa mensetting keamanan router / wifi nya dengan password. Supaya tetangga gak gampang nebeng. Enak aja kan mau gratisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.