Qualcomm Launched 3G Computer

Soon there will be a computer based on 3G technology. It surely makes the internet faster using any 3G provider like XL, Indosat, Telkomsel and many other.

here the news in tempointeraktif.com

Senin, 15 Juni 2009 | 14:34 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Dunia telekomunikasi boleh-boleh saja sedang hangat membicarakan teknologi jaringan nirkabel 4G alias generasi keempat. Namun, Qualcomm justru mencoba semakin menyebarluaskan pemanfaatan teknologi 3G yang dirasa masih kurang optimal.

Salah satu inisiatif perusahaan itu adalah melahirkan alternatif personal computer bernama Kayak. Qualcomm memang mengutip nama perahu kecil itu. Perusahaan ini mendesain Kayak sebagai komputer murah bagi kawasan terpencil atau pasar berkembang.

“Kami bekerja sama dengan Opera Software,” kata Harry Nugraha, Direktur Senior dan Country Manager Qualcomm Indonesia, dalam perbincangannya dengan Tempo beberapa waktu yang lalu. Opera Software adalah salah satu vendor browser Internet yang terkenal.

Harry mengatakan Kayak akan didesain sebagai perangkat pengakses Internet serta beberapa aplikasi hiburan, seperti musik digital dan konsol game. Bahkan perangkat ini dipersiapkan untuk program Warnet 3G yang sedang digodok perusahaan tersebut.

Semangat Kayak akan mengingatkan kita pada Asus Eee PC 7 inci, yang lahir pada tahun lalu. Ini adalah pelopor netbook yang memang didesain khusus sebagai perangkat pengakses Internet dengan sedikit fungsi komputer.

Pada perkembangannya kemudian, netbook menjadi komputer seutuhnya dalam ukuran yang ringan dan kompak. Di sisi lain, perangkat pengakses Internet berkembang secara paralel pada kategorisasi bernama mobile Internet devices.

Tapi Kayak tak bermain di kedua pasar tadi, karena ia mengambil bentuk seperti nettop, komputer desktop yang memakai prosesor Intel Atom. Tubuhnya seperti paduan antara chasing CPU mungil dan antena seperti pada modem 3G.

Kayak akan mengandalkan chipset dual-core mobile station modem (MSM) seri 7 yang mendukung konektivitas dan komputasi. Chipset ini dipakai browser dari Opera Software, yang di dalamnya sudah mendukung Web 2.0 sepenuhnya pada resolusi desktop.

Input-nya memakai keyboard dan tetikus standar. Selain monitor komputer, Kayak bisa menjadikan televisi sebagai monitor.

Prosesor untuk versi komersial kemungkinan akan memakai solusi Snapdragon dari Qualcomm. Ini adalah chip yang mendukung konektivitas 3G (CDMA 2000 dan WCDMA/UMTS), Wi-Fi, grafis 3D, Bluetooth, Internet browsing penuh, GPS, video definisi tinggi, dan penggunaan instan.

Snapdragon juga mendukung daya baterai sepanjang hari untuk penggunaan penuh dan standby selama sepekan serta menghasilkan perangkat yang lebih kecil, portabel, dan ringan. Selain itu, antar-mukanya lebih intuitif, serta resolusi layarnya bisa diatur.

Kayak didesain untuk menjawab tingginya kebutuhan pasar akan komputer murah sekaligus mendukung konektivitas Internet nirkabel berkecepatan tinggi. Selama ini, proyek komputer murah tak menyertakan modul koneksi Internet yang mumpuni.

Prototipe Kayak sebetulnya sudah diluncurkan pada kuartal pertama tahun ini. Ia diciptakan oleh perusahaan asal Taiwan, Inventec Corp. Adapun produk untuk pasar diperkirakan diluncurkan pada musim gugur tahun ini. Harganya masih belum diketahui.

DEDDY SINAGA – tempointeraktif.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.