Ujicoba Poly Foto dengan Google Street View

Ujicoba Poly Foto dengan Google Street View

Di situasi darurat covid19, mau tak mau semua serba masuk dunia digital. Termasuk liburan atau tour yang biasa kita lakukan untuk menghibur diri. Kali ini kita akan memanfaatkan aplikasi yang sudah ada sejak lama dari Google yang bernama google street. Sebenarnya banyak kok aplikasi pembuat tour begini tapi kita coba dulu yang klasik tapi modern ini ya.

Istilah Poly maksudnya adalah membuat serangkaian foto dari suatu titik untuk memotret berbagai sisi area sekitar dari mata kita. Aplikasi seperti google street akan memadukan serangkaian foto tersebut dan dijadikan satu seolah-olah satu kesatuan yang nyambung.

Caranya tidak lah terlalu sulit, yang sulit nanti cara fotonya. Apalagi dengan tangan yang suka gemetar seperti saya.

Pertama, install aplikasi google street di kamera mobile kita. Ikuti serangkaian aktivasinya. Setelah itu klik tombol kamera di sebelah kanan bawah. Akan ada 3 menu yang muncul, pilih saja yang camera. Lebih bagus sih pakai camera 360/3d khusus. Tapi kita pakai seadanya saja.

Setelah itu kita pegang foto dengan jarak yang sama dengan muka kita, ingat ya ini penting, kalau jarak kamera ke wajah kita/ badan kita berubah karena tangan kita pegal, maka hasil bisa aneh-aneh gitu deh karena ga sama jarak pandangnya.

lalu ikuti tanda dot orange yang diberikan oleh aplikasi google street, posisikan dot orange itu di tengah tanda lingkaran yang muncul di layar handphone. Setelah sukses akan terlihat gambar foto di layar itu, tapi belum berhenti sampai disini.

Lakukan lagi untuk dot-dot lainnya. Geser handphone ke semua arah, ikuti semua dot orange yang muncul. Berkeliling badan kita hingga foto ke atas, ke bawah. Semua arah dari badan kita. Ingat, sekali lagi ingat, jarak handphone ke wajah/ body kita jangan berubah.

Setelah selesai semua, google street akan menyimpan fotonya di handphone kita dengan folder panorama. Nah stop sampai disana untuk proses fotonya.

Sekarang foto tersebut pindahkan ke komputer, lalu buka alamat https://poly.google.com dan buat virtual tour. Gampang kok karena disana ada menu upload foto 360/180 derajat. Upload saja foto tadi. Jangan lupa foto juga satu foto biasa untuk sampul scene-nya. Tanpa ini tidak akan bisa selesai prosesnya. Di kotak isian sebelah kanan isikan judul, deskripsi, lokasi dan lain-lainnya.

Nah pilih untuk publish untuk mendapatkan link dari google. Boleh dipublish secara umum atau unlisted. Atau orang asing tidak akan bisa search, kecuali dia diberikan link oleh kita.

Ini contoh hasil pertama yang saya buat. Tidak bagus karena tangan saya gemetar dan saya hanya menggunakan kamar saya yang seadanya. Tapi kira-kira prosesnya demikian.

Untuk capture menu dsb, akan saya lengkapi di revisi post berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.